December 29, 2017

Patroli Cyber Polri Untuk Amankan Pilkada 2018


Patroli Cyber Polri Untuk Amankan Pilkada 2018

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali menyatakan akan mengantisipasi kejahatan yang berkembang di media sosial (medsos) seperti hoax, SARA dan provokasi jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018. Pengawasan pun digencarkan serta menghimbau ke masyarakat agar bijak di media sosial.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal M Iqbal menegaskan, polisi telah diberi amanat untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menangani kasus kejahatan melalui medsos seperti hoax.

Untuk itu, dengan struktur kelembagaan seperti Biro Multimedia Divisi Humas, Direktorat Siber Bareskrim Polri dan Baintelkam Polri terus menggencarkan pengawasan di media sosial.

"Tiga jabatan ini akan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta melindungi dan mengayomi masyarakat dengan cara preemptive dan preventif," ujar Iqbal

Polri juga akan mendorong KPU untuk bersama-sama membuat nota kesepahaman untuk mengikat para kontestan yang ikut Pilkada untuk menggunakan medsos secara sehat.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto menambahkan, berkaca pada fenomena yang terjadi pada Pilkada DKI beberapa waktu lalu, dimana sejumlah pihak menggunakan media sosial sebagai wadah untuk menggiring opini berbau SARA.

Polri pun akan mengantisipasi hal tersebut, patroli cyber pun dilakukan 24 jam setiap hari. Patroli cyber juga dilakukan ditingkatan Polda dan Polres. Ketika mendapatkan hal-hal negatif, maka langsung melakukan profiling untuk mengetahui siapa yang membuat dan menyebarkan konten tersebut.

"Lalu kami akan mengecap HOAX pada konten itu, resmi dari divisi Humas Polri. Kemudian kita sebarluaskan bahwa itu adalah hoax dan tidak perlu disebarluaskan lagi oleh masyarakat," ungkapnya.

Namun, lanjut dia, jika hal tersebut tak juga diindahkan dan penyebar konten sudah tidak bisa dibina lagi, dia pun tak segan-segan untuk menindak tegas sesuai dengan undang-undang yang berlaku. (OL-7)

Sumber : MediaIndonesia.com, Polri Gencarkan Patroli Cyber jelang Pilkada 2018, Kamis, 28 December 2017 19:29 WIB



2 comments:

  1. CARI SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA?
    SPORTIF?GAK ABAL ABAL? HANYA DI LASKARBOLA88 AYO DAFTARKAN ID KALIAN SEKARANG JUGA!! >> https://www.laskarbola88.net/

    ReplyDelete
  2. Forum ni menarik sekali, menginspirasi saya. Saya harap Anda mengunjungi situs saya juga Agen BandarQQ. Terima kasih banyak temanku!.

    ReplyDelete