July 19, 2016

Juri Ardiantoro Terpilih Jadi Ketua Baru KPU

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya memiliki Ketua definitif setelah wafatnya almarhum Husni Kamil Manik beberapa waktu lalu. Dalam Rapat Pleno KPU yang diselenggarakan sejak Senin (18/7) malam hingga Selasa (19/7) dini hari, diputuskan bahwa Juri Ardiantoro dipilih sebagai Ketua KPU definitif.

"Rapat pleno memutuskan untuk ketua KPU definitif yaitu bapak Juri Ardiantor. Jadi, pak Juri akan menjadi Ketua KPU definitif menggantikan pak Hadar Nafis Gumay yang menjadi pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU selama 7 hari yang mengesankan," ujar Sigit Pamungkus saat konferensi pers di Lantai 2 Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol 29, Menteng, Jakarta, Selasa (19/7).
Sigit menjelaskan, rapat pleno tersebut tidak hanya membahas penentuan Ketua KPU definitif, tetapi juga membahas agenda-agenda penting lain. Terkait pemilihan Ketua KPU definitif, Sigit menuturkan, dilakukan secara masyawarah mufakat untuk menentukan siapa yang menjadi pengganti ketua KPU Almarhum Husni Kamil Manik. Penentuan melalui masyawarah pun menghindari terjadi kedudukan imbang (draw) dalam pemilihan.
"Dan di dalam rapat pleno ini, secara khusus dalam pemilihan ketua KPU definitif, kami bermusywarah menentukan siapa yang menjadi pengganti ketua KPU almarhum Pak Husni Kamil Manik," terang Sigit. Rapat pleno KPU ini dihadiri oleh enam komisioner KPU, yakni Juri Ardiantoro, Hadar Nafis Gumay, Arief Budiman, Sigit Pamungkas, Ferry Kurnia Rizkiyansyah dan Ida Budhiati.
KPU periode 2012-2017 sudah memiliki tiga ketua KPU, yakni Husni Kamil Manik yang meminpin sejak 2012 sampai Juli 2015, Hadar Nafis Gumay yang menjadi pelaksana tugas (Plt) selama seminggu dan Juri Ardiantoro yang akan memimpin sampai 2017.Yustinus Paat/FER
Sumber : http://www.beritasatu.com/nasional/375259-juri-ardiantoro-terpilih-jadi-ketua-kpu-definitif.html#newsletter

No comments:

Post a Comment