February 6, 2019

Bangun Personal Branding untuk Tingkatkan Elektabilitas




Bangun Personal Branding untuk  Tingkatkan Elektabilitas
           
Sebagai Kandidat,  sebagai sebuah produk maka cara pemasarannya memang sama-sama penting. Namun, sebagai kandidat Anda harus mampu mendukung peningkatan elektabilitas. Nah, hal itu berarti membutuhkan personal branding yang baik. Bagaimana membuat pribadi Anda jadi menarik, menjadi salah satu cara mendorong keterpilihan anda ke level selanjutnya?  Dengan tumbuhnya media Online, tentunya kita juga ingin tahu, apakah sesuatu yang kita idolakan itu berasal dari orang yang tepat. Berikut ini cara bagaimana Anda bisa meningkatkan personal branding untuk meningkatkan elektabilitas.
.
Tidak bisa disangkal. Popularitas merupakan modal penting dalam politik. Investasi menambah popularitas tidaklah murah. Jika salah strategi,kegiatan yang bertujuan untuk mendongkrak popularitas hanya akan sia-sia tanpa menghasilkan apa-apa. Strategi meningkatkan popularitas harus dilakukan dengan memanfaatkan media Off dan On Line dengan baik.  Kegiatan offline dapat dilakukan diantaranya dengan kampanye massa, event, dan kunjungan ke lapangan atau program “tatap muka atau blusukan”. Sedangkan kegiatan online dilakukan melalui platform yang bersifat relationship, interaction, dalam kaitannya dengan personal branding. Tujuan utamanya  adalah untuk memperkuat awareness atau keberadaan Tokoh yang lagi diusung tersebut.

Perlu Sosialisasi. Kandidat memang perlu disosialisasikan atau pengenalan Kandidat kepada Publik.  Sebagai kandidat, ibarat sebuah sebuah produk maka cara pemasarannya memang penting. Namun, sebagai pemiliknya Anda harus mampu mendukung peningkatan kesadaran publik atas Kandidat Anda atau Anda. Nah, hal itu berarti membutuhkan PERSONAL BRANDING yang baik. Bagaimana membuat pribadi Anda menjadi salah satu yang menarik, merupakan cara mendorong upaya anda ke level selanjutnya? Dengan tumbuhnya kesadaran publik, tentunya kita juga ingin memastikan, apakah sesuatu yang kita perkenalkan itu berasal dari Organisasi yang tepat.

Anda tidak akan dikenal jika tidak punya komitmen untuk datang dan tampil ke dalam setiap acara, apalagi acara kegiatan Organisasi anda sendiri. Kehidupan memang kian ramai dan kanal media sosial semakin kencang. Kehadiran Anda, bahkan kalau perlu menampilkan diri melalui konten media sosial, bisa membantu meningkatkan personal branding Anda. Namun, jangan hanya datang, tetapi juga berbaur dengan pengunjung. Dari situ, Anda bisa memperkenalkan diri dan mencari insight langsung dari calon pemilih serta rekan-rekan anda dalam lingkungan partai.

Karena itu dalam setiap kesempatan, jangan hanya datang, tetapi juga berbaur dengan pengunjung. Dari situ, Anda bisa memperkenalkan diri dan mencari INSIGHT langsung dari calon pemilih anda. Kehadiran memang penting, tetapi kredibilitas Anda juga amat penting.  Sesaat setelah hadir, Anda membutuhkan kredibilitas untuk menghasilkan kerja sama dan berkolaborasi. Lalu, bagaimana caranya? Mulailah dengan cara sederhana. Pastikan selalu menepati janji dengan publik anda. Bertanggung jawab pada organisasi dengan jalan berperan secara positip dalam berintegraksi dengan kalangan organisasi beserta orang-orangnya. Pastikan anda ada di sana untuk ikut membesarkan organisasi. Kredibilitas juga bisa dibangun dengan menyajikan berbagai keberhasilan anda dalam Organisasi yang bisa memberikan rasa senang bagi para pihak.

Personal Brand story - Setelah dan ketika membangun kredibilitas, tentu saja siapa diri anda harus diketahui oleh lebih banyak orang lagi. Ceritakan “diri Anda” kepada audiens lewat berbagai kanal media. Jika suka menulis, tulislah melalui blog, jika suka foto lakukan di Instagram, atau kalau lebih suka berbicara, Anda bisa melakukan INSTASTORY atau bahkan membuat vlog di Youtube. Buatlah kegiatan Anda menjadi bagian dari perjalanan hidup Organsiasi Anda. Lalu apa yang bisa diceritakan? Banyak hal, misalnya keseharian Anda dalam menjalankan peran anda selama ini, pencapaian, atau bertemu “fans loyal”. Semua menjadi bagian dari cerita Anda.

Upaya untuk membangun Branding dapat juga dilakukan lewat berbagai pola. Pola pertama, apabila kegiatan partai politik atau kandidat capres atau cawapres hanya diarahkan pada sesuatu yang sifatnya transaksional misalnya bagi-bagi brosur, bagi-bagi logistik seperti kaos, kalender, topi, gantungan kunci dan lain-lain. Anda juga harus hadir dan ikut berperan dalam acara seperti ini dan mempersiapkan milik anda dengan baik.

Pola kedua adalah apabila kandidat atau partai politik melakukan aktivitas kampanye dengan strategi langsung turun ke lapangan. Langkah ini memimiliki tingkatan yang lebih tinggi. Beberapa hal yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah seperti kegiatan blusukan, melakukan perlombaan, pentas kesenian, kegiatan pameran, atau bahkan memberikan pendampingan dan bantuan pada korban bencana alam dan lain-lain. Strategi ini cukup efektif, namun belum menjamin loyalitas pemilih.

Sedangkan Pola berikutnya adalah engagement hal ini ditujukan untuk membangun ikatan yang kuat antara pemilih dan kandidat atau partai politik. Hasilnya adalah buzzword (pembicaraan dimedia dari mulut ke mulut) dan advocacy (Pembelaan yang tanpa diminta) yang sangat efektif demi meningkatkan preferensi pemilih. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan misalnya membangun platform online dan offline dengan sistem database dan melakukan aktivitas melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan partisipasi dan interaksi yang berkelanjutan dengan komunitas.

Membangun Personal Branding

Dengan Produk ini Anda dapat : Meningkatkan Kredibilitas dan Nilai Brand Anda secara Cepat dengan Levidio Personal Branding ; Anda dapat dengan mudah merubah konten hanya dengan Powerpoint, Klik , Edit dan Ganti!; Membantu membentuk Personal Branding yang membedakan Anda dengan Kompetitor; Memudahkan Anda Menarik Target Audiens, Kualitas Konten yang sangat baik, mudah dimengerti; Tutorial Lengkap Mulai dari Dasar, Sangat cocok untuk pemula hingga lanjutan ; dan Hasil akhir bisa digunakan untuk membuat jasa pembuatan video atau grafis. Info Lebih Lanjut Lihat Disini.

Personal Branding Jadi Mudah



2 comments:

  1. CARI SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA?
    SPORTIF?GAK ABAL ABAL? HANYA DI LASKARBOLA88 AYO DAFTARKAN ID KALIAN SEKARANG JUGA!! >> https://www.laskarbola88.net/

    ReplyDelete
  2. Forum ini menarik sekali, menginspirasi saya. Saya harap Anda mengunjungi situs saya juga Agen BandarQQ. Terima kasih banyak temanku!.

    ReplyDelete