July 28, 2015

Menangkan Pilkada, Pertarungan Pilkada Mulai Bergulir




Menangkan Pilkada,  Pertarungan Pilkada Mulai Bergulir

Pertarungan memperebutkan kursi kepala pemerintahan daerah di Kota Depok dan Kota Tangerang Selatan dimulai Senin (27/7). Di setiap daerah tersebut, dua pasangan kepala daerah sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum setempat. Para pendukung menunggu pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan periode 2016-2021 di kantor Komisi Pemilihan Umum Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (27/7). Pendaftaran akan dibuka hingga Selasa (28/7).
http://nulisbuku.com/books/view_book/7216/strategi-sun-tzu-menangkan-pilkada

Dua pasangan bakal calon wali kota Depok dan wakilnya, Dimas Oky Nugroho-Babai Suhaimi dan Idris Abdul Shomad-Pradi Supriyatna, mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Kota Depok, kemarin. Pasangan Dimas-Babai diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang didukung sejumlah partai politik (parpol). Sementara pasangan Idris-Pradi diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra. Sebelum mendaftar ke KPU, PDI-P menggelar deklarasi pencalonan pasangan Dimas dan Babai di kompleks perkantoran Graha Depok Mas. Seusai deklarasi, mereka berkonvoi menuju kantor KPU Kota Depok menggunakan tiga delman dan sejumlah becak sekitar pukul 13.00.

Partai-partai yang ikut mendukung pasangan Dimas-Babai itu adalah Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, dan Partai Nasdem. Sebelumnya, PAN, PKB, PPP, Partai Demokrat, dan Partai Nasdem membuat Koalisi Depok Bersatu (KDB) dengan Ketua DPD PAN Kota Depok Hasbullah Rahmad sebagai bakal calon. Namun, sampai Minggu (26/7) malam, KDB belum menemukan paket pasangan yang tepat, terutama dengan pertimbangan elektabilitas figur. "Senin ini ada surat keputusan DPP PAN yang meminta kami bergabung dengan PDI-P. Sebagai kader partai, kami terima," kata Hasbullah.

Maka, empat partai dari KDB pun merapat ke kubu PDI-P. Kini, tinggal Partai Demokrat dan Partai Hanura yang belum menentukan pilihan. Dimas merupakan mantan Direktur Eksekutif Akar Rumput Strategic Consulting, sementara Babai merupakan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Depok. Sekitar pukul 15.00, giliran pasangan Idris Abdul Shomad dan Pradi Supriyatna yang mendaftar di KPU Kota Depok. Idris saat ini masih menjabat sebagai Wakil Wali Kota Depok, sementara Pradi adalah Ketua Dewan Pengurus Cabang Partai Gerindra Kota Depok.

"Kami tidak khawatir jika nanti head to head' (dengan pasangan Dimas-Babai) karena dukungan kepada kami besar," kata Pradi.

Ketua DPD PKS Depok M Suparyono mengatakan, pihaknya sudah memiliki pengalaman melawan banyak partai lain, seperti pada periode 2004 dan 2010. "Saat ini yang terpenting adalah figur calon," katanya. Menurut Suparyono, pihaknya masih terus berkomunikasi dengan Partai Demokrat dan Partai Hanura. Wali Kota Depok saat ini, Nur Mahmudi Ismail, berasal dari PKS dan telah menjabat dua periode.

Maju lagi  Di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dua dari tiga pasangan bakal calon wali kota dan wakilnya telah mendaftar ke KPU setempat, kemarin. Pasangan petahana, Wali Kota Airin Rachmi Diany dan Wakil Wali Kota Benyamin Davnie, kembali maju untuk memperjuangkan periode kedua pemerintahan mereka. Airin mengatakan, dirinya dan Benyamin diusung dan didukung koalisi Partai Golkar, Partai Nasdem, PKS, PAN, PKB, PKPI, dan PPP.

Pasangan kedua yang mendaftar ke KPU Kota Tangsel adalah Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra yang diusung Partai Demokrat dan Partai Gerindra. Ikhsan adalah ekonom dan Direktur Eksekutif Financial Reform Institute yang juga politisi Partai Demokrat. Sementara Claudia adalah pengusaha di Tangsel. Sebelum mendatangi KPU, pasangan Airin-Benyamin mendeklarasikan diri mereka di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Pondok Cabe. Pasangan Airin-Benyamin mendaftar lebih dulu di KPU.

Airin, yang suaminya masih menjalani hukuman dalam kasus korupsi, yakin pihaknya bisa melanjutkan program pembangunan Tangsel yang sudah ia lakukan selama lebih dari empat tahun terakhir. "Masyarakat Tangsel mengetahui perubahan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan 2010," kata Airin. Sementara pasangan Ikhsan-Claudia mendeklarasikan pencalonan mereka di Restoran Kampoeng Anggrek, Serpong.

Pasangan ini berjanji, jika mereka memimpin Tangsel dan ada keluarga atau mereka sendiri ikut bermain proyek di lingkungan Pemerintah Kota Tangsel, mereka akan mengundurkan diri. "Ini bukti kami bukan mau mengeruk uang rakyat," ujar Ikhsan. Wakil Sekjen Partai Demokrat Didi Irawadi Syamsudin, dalam deklarasi Ikhsan-Claudia, menegaskan, Tangerang Selatan hanya bisa dibangun oleh kader-kader terbaik yang bersih dan tak memiliki beban sejarah ataupun tersandera kekuatan-kekuatan politis.

Ikhsan menambahkan, ia dan pasangannya tak mau terjebak dengan janji-janji kesejahteraan, tetapi lebih pada bagaimana menjadikan rakyat bermartabat dan mendapatkan haknya dengan baik dan nyaman serta diperlakukan secara adil. "Selama ini banyak potensi yang terabaikan di Tangsel karena tergerus kekuatan kepentingan kekerabatan," ujarnya. Claudia menambahkan, korupsi harus menjadi musuh bersama. "Tak bisa pembangunan infrastruktur Tangsel dibiarkan terus terbengkalai akibat tindakan korupsi," katanya.

Proses pendaftaran bakal calon kepala daerah masih akan berlangsung hingga Selasa (28/7) ini. Masih terbuka peluang ada pasangan bakal calon baru yang akan mendaftar, baik di Depok maupun Tangsel. Di Tangsel, pasangan ketiga yang diusung PDI-P dan Partai Hanura dijadwalkan akan mendaftar di KPU Tangsel, Selasa pagi ini. Sekretaris DPC PDI-P Tangsel Bambang Triyadi mengatakan, pihaknya mengusung pasangan H Arsid-Intan Nurul Hikmah. "Sampai malam ini tidak ada perubahan. Pasangan Arsid-Intan tetap maju dalam Pilkada Tangsel," ungkap Bambang. Arsid pernah maju dalam Pilkada Tangsel 2010, tetapi kalah dari pasangan Airin-Benyamin. Sementara Intan adalah politisi Partai Golkar yang juga adik dari Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. (DEN/PIN/OSA/Kompas 28 juli 2015)

No comments:

Post a Comment